Entri Populer

Rabu, 20 Juli 2011

PENGUASA



Sesuatu yang menarik dalam kehidupan adalah bahwa kita sebagai subjek dalam kehidupan ini tak pernah lepasnya kita dari hukum ketergantungan. Setiap kita saling bergantung kepada orang lain atau segala sesuatu yang ada di dunia ini. Ketergantungan antara sesama manusia inilah yang pada akhirnya menimbulkan tingkat atau kasta dalam kehidupan sosial, sedangkan di alam, ketergantungan terhadap suatu materi di alam ini telah membuat manusia melakukan pemujaan materi tersebut sebagai bentuk terima kasih. Contoh saja ketergantungan manusia terhadap cahaya yang menyebabkan manusia melakukan penyembahan pada matahari (di mesir dikenal sebagai dewa RA) bahkan di Persia dahulu terdapat kepercayaan yang melakukan penyembahan terhadap api yang melambang kebaikan dari dewa mereka.
Ketergantungan antar manusia akan membentuk yang namanya kelas sosial. Kelas sosial adalah kondisi dimana seseorang di bagi berdasarkan tingkatan-tingkatannya di dalam masyarakat, mulai dari pemimpin sampai dengan bawahan. Dalam masyarakat primitif yang dijadikan sebagai tempat bergantung orang banyak di anggap sebagai orang yang lebih dan menyebabkan orang tersebut mempunyai kedudukan sosial yang tinggi daripada masyarakat lainnya. Sebagai contoh, ketaatan masyarakat pada seorang dukun atau kepala adat adalah dikarenakan kelebihan yang dimiliki oleh dukun/kepala adat tersebut. Atau seseorang dipilih sebagai kepala adat/dukun dikarenakan kelebihan yang dimilikinya yang menyebabkan banyaknya masyarakat yang bergantung pada orang tersebut. Dan biasanya lagi dalam masyarakat primitif tersebut tingkat ketergantungan tersebut menciptakan atau membentuk kelas antara pemimpin dan pengikut.
  Sedangkan dalam masyarakat modern, tingkat ketergantungan menjadi lebih kompleks dan rumit karena sudah di pengaruhi oleh berbagai macam kondisi, dan kondisi yang lebih berpengaruh adalah jabatan, pengaruh dan pendapatan atau secara mudahnya diringkas dengan harta, kuasa dan tahta. Ketergantungan dalam masyarakat modern ini seperti juga dalam masyarakat primitif akan menciptakan kelas antara pemimpin dan pengikut, namun dikarekan ada berberapa faktor yang sangat dominan di dalam masyarakat modern  menyebabkan kelas sosial menjadi penguasa dan buruh (bahasa halus untuk sebutan budak dalam dunia modern).
Hal inilah yang kiranya menjadi perhatian dari Karl Mark dalam bukunya Das Capital, bahwa dalam masyarakat modern/industry terdapat ketimpangan/kesenjangan pendapatan yang di akibatkan system kapitalisme, sehingga akhirnya muncullah paham sosialisme yang menekankan pada persamaan ha k antar manusia.
Seperti yang dibahas diatas ternyata dalam kehidupan modern menciptakan kelas sosial antara penguasa dan buruh. Penguasa, dalam hal tertentu tidak saja berkonotasi jelek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar